Minggu, 29 Maret 2015

UY Scuti, "HYPERGIANT STAR"



Orang-orang mungkin berpikir bahwa Matahari adalah bintang terbesar di alam semesta. Namun, faktanya ada bintang yang jauh lebih besar ukurannya dibandingkan si matahari, inilah UY Scuti. Nama bintang yang saat ini tercatat sebagai salah satu bintang terbesar di alam semesta. Tak salah bila para ilmuwan menggolongkan UY Scuti kedalam kelompok bintang "hypergiant".

Dengan bobot setara 30 kali Matahari, UY Scuti mempunyai ukuran yang fenomenal, yakni 1.700 kali LEBIH BESAR dari Matahari. Wow !! Benar-benar ukuran yang sangat besar. Matahari saja menurut kita udah gede banget ya, apalagi ini. SUPER !!

Saking besarnya, jika UY Scuti ditempatkan di tata surya kita, maka sekitar 50 persen ruang di tata surya akan habis terpakai. Lebar bintang UY Scuti bahkan bisa melebihi jarak Matahari kita ke Jupiter!
Yang tidak kalah mencengangkan, awan panas yang dihasilkan oleh bintang UY Scuti mampu mencapai jarak 10 kali lipat jarak Matahari ke Pluto.

Akan tetapi, UY Scuti ini bukanlah bintang terbesar di jagat raya. Rekor bintang terbesar masing ada pada bintang R136a1. Bobot bintang ini diperkirakan mencapai sekitar 265 kali bobot Matahari. Ya, bila dibandingkan dengan UY Scuti yang hanya memiliki bobot setara dengan 30x bobot Matahari, bintang R136a1 ini benar-benar berat :v


...
Sekian infonya, terima kasih juga untuk situs merdeka.com yang udah ngasih info keren (y)