Jumat, 04 Desember 2015

ALTER EGO



Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah ini, termasuk saya. Yang pada akhirnya saya penasaran dengan salah satu penyakit ini. Terima kasih untuk kak IndahMuchtar, memberi sebuah pengetahuan di sela-sela cerita wattpad –Alter Ego. warning! 18+




....

Alter Ego merupakan diri kedua/lebih yang dipercaya berbeda dengan diri aslinya atau kepribadiannya yang asli. Istilah ini dipakai pada awal abad ke-19 ketika gangguan ini pertama kali muncul.
Salah satu contoh kasus :
Pada kasus di atas kita dapat melihat jika Alter Ego disebabkan oleh trauma ataupun ketakutan yang sangat luar biasa di masa lalu. Sifat Alter Ego selalu bertolak belakang dengan sifat aslinya. Seseorang yang memiliki sifat baik –lemah lembut, maka alter ego akan berkepribadian sebaliknya, jahat –kasar. Dan alter ego memiliki sifat yang aneh juga berlebihan.


Menurut cerita yang saya baca, alter ego dari si penderita akan muncul saat penderita sedang marah atau dikarenakan sesuatu yang berhubungan dengan traumanya hingga membuatnya naik pitam bahkan menjerit-jerit dan pada saat itu Alter Ego akan mengambil alih tubuh si penderita. Di sana alter ego akan meluapkan kemarahan si penderita secara berlebihan. Pada saat alter ego mengambil alih tubuh pribadi asli, maka pribadi asli tidak dapat merasakan apa yang sedang dilakukan oleh pribadi lainnya saat pribadi lainnya menggunakan tubuh pribadi asli. Hal ini dinamakan, ‘blackout’. Bahaya dari alter ego adalah jika pribadi lain lebih mendominasi tubuh maka pribadi asli akan menghilang. Dan artinya, tubuh akan dikuasi total oleh pribadi lainnya (alter ego).


Dari cerita itu juga, si penderita digambarkan dapat berkomunikasi dengan alter ego –nya lewat sebuah cermin. Pada film, Superman diceritakan Clark Kent memiliki Alter Ego. Alter Ego, Clark adalah menjadi seorang superhero, dan pribadi aslinya adalah seorang wartawan.



Namun, pada kenyataannya ALTER EGO itu tidak ada !



Alter Ego datang atas penggambaran si penderita yang menyatakan dirinya sendiri 
sebagai pribadi yang lain. Ia juga memiliki nama alter ego –nya.  Alter ego bisa terjadi karena si penderita tak ingin berbuat kesalahan, dan untuk melampiaskan segala kekesalannya, ia menciptakan kepribadian lainnya sendiri. Bisa dikatakan ini sebuah tekanan batin yang terlalu besar sehingga si penderita berhalusinasi dengan menciptakan kepribadian lainnya yang bertolak belakang dengan pribadi aslinya. Atau bisa dikatakan sebuah pengekspresian diri. Sudah saya katakan, jika alter ego memiliki karakteristik sifat yang jauh berbeda dari sifat asli.


Cara menyembuhkannya yaitu dengan menggabungkan kepribadian-kepribadian itu atau dengan cara menghancurkan semua Alter Ego dengan sifat asli. Contoh; Buat sifat asli marah tapi usahakan jangan sampai alter ego mengambil alih tubuhnya. Usahakan pribadi asli bisa meluapkan kemarahannya tanpa terambil alih oleh alter egonya sendiri. Dengan itu, pribadi asli akan mendominasi / mendapat kontrol penuh atas tubuhnya.



KESIMPULAN :
Sebuah kesalahan/masalah itu selalu bisa dicari jalan keluarnya. Bicarakan masalahmu pada orang terdekat. Overthinking kemungkinan kunci penyebab dari munculnya Alter Ego. So, positiv think’ and walk away with shining face :) oOoO

2 komentar:

  1. Terus cara agar tahu kita terkena Alter Ego secara mudah bagaiman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri - cirinya :
      1. Emosi kita ga stabil
      2. Kita sering lupa kegiatan apa yang sudah kita lakukan
      3. Coba bercermin cukup lama. Apakah kamu melihat alter egomu? :D

      Hapus